skip to Main Content

Pertandingan Sengit Ukraina vs Belgia di Euro 2024: Ukraina Tersingkir

Belgia Lolos Ke Besar Euro Usai Berimbang Kontra Ukraina REUTERS Leonhard Simon
Belgia lolos ke Besar Euro usai berimbang kontra Ukraina (REUTERS/Leonhard Simon)

Pertandingan Ukraina vs Belgia di matchday ketiga Grup E Euro 2024 berlangsung ketat. Laga berakhir imbang 0-0. Pertandingan digelar di Stuttgart Arena pada Rabu (26/6/2024) malam WIB. Kedua tim berjuang keras untuk menang, namun tak ada gol yang tercipta.

Statistik Pertandingan: Upaya Maksimal dari Kedua Tim

Belgia berusaha keras untuk mencetak gol dengan total 14 percobaan. Ukraina melakukan 11 percobaan. Kedua tim tidak mampu memanfaatkan peluang mereka dengan efektif. Pertandingan berakhir tanpa gol.

Klasemen Akhir Grup E: Belgia Lolos, Ukraina Tersingkir

Tambahan satu poin dari pertandingan ini membawa Belgia ke posisi runner-up Grup E. Belgia memiliki total empat poin. Ukraina juga mengumpulkan empat poin. Namun, Ukraina harus puas di posisi juru kunci grup. Ini karena selisih gol mereka lebih rendah dibandingkan Rumania yang menjadi juara grup.

Jalannya Pertandingan: Dominasi Belgia dan Perlawanan Gigih Ukraina

Babak Pertama: Serangan Cepat dan Peluang yang Terbuang

Sejak awal laga, Belgia menunjukkan dominasi mereka. Mengandalkan kecepatan Jeremy Doku dan umpan-umpan akurat dari Kevin De Bruyne, Belgia terus menekan. Pada menit ketujuh, Romelu Lukaku hampir mencetak gol setelah menerima umpan tarik dari De Bruyne. Namun, tendangannya berhasil dihalau Anatoliy Trubin.

Ukraina tidak tinggal diam. Pada menit ke-20, Roman Yaremchuk melepaskan sepakan keras yang mengarah ke gawang Belgia. Namun, Koen Casteels dengan cekatan mampu menyelamatkan gawangnya. De Bruyne kembali menciptakan peluang dari tendangan bebas pada menit ke-33, namun bola hanya melebar dari gawang Trubin.

Casteels menjadi pahlawan Belgia dengan menghalau dua usaha dari Georgiy Sudakov pada menit ke-34 dan ke-44. Hal ini memastikan gawang Belgia tetap tidak kebobolan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua: Dominasi Belgia yang Tak Membuahkan Hasil

Di babak kedua, Belgia terus menekan untuk mencari gol pembuka. Pertahanan solid Ukraina membuat Belgia kesulitan menciptakan peluang yang jelas. Meski melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Yannick Carrasco dan Orel Mangala, Belgia tidak mampu menembus pertahanan lawan.

Ukraina hampir mencetak gol pada menit-menit akhir melalui tendangan Ruslan Malinovskyi dari situasi sepak pojok. Namun, Casteels dengan sigap mengamankan gawang Belgia. Serangan balik Belgia pada menit ke-87, yang dipimpin Carrasco dan De Bruyne, juga belum mampu memecah kebuntuan.
 

 

Analisis Taktik dan Performa Tim

Taktik Belgia: Serangan Cepat dan Umpan Akurat

Belgia mengandalkan permainan cepat dan umpan-umpan akurat dari De Bruyne. Taktik ini berhasil membuat mereka mendominasi pertandingan. Namun, kurangnya penyelesaian akhir yang efektif menjadi kendala utama dalam mencetak gol.

Pertahanan Ukraina: Solid dan Tangguh

Pertahanan Ukraina yang solid dan tangguh berhasil meredam serangan-serangan Belgia. Kedisiplinan dalam menjaga lini belakang serta performa gemilang dari Anatoliy Trubin di bawah mistar gawang menjadi kunci utama Ukraina dalam mempertahankan skor imbang.

Kesimpulan: Belgia Lolos, Ukraina Tersingkir dengan Terhormat

Hasil akhir pertandingan tetap 0-0, mengirim Belgia ke Babak 16 Besar Euro 2024 sebagai runner-up Grup E di bawah Rumania. Sementara itu, Ukraina harus tersingkir meski menunjukkan permainan yang gigih dan penuh semangat sepanjang kompetisi.

Pandangan ke Depan: Tantangan di Babak 16 Besar

Belgia kini harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di Babak 16 Besar. Mereka perlu meningkatkan penyelesaian akhir dan mempertahankan performa dominan mereka. Hal ini penting untuk bisa melangkah lebih jauh di Euro 2024.

Back To Top