Skip to content

Ratusan Kursi Kosong Terisi, Pendaftaran Offline SD Negeri di Malang Diminati

Ratusan Kursi Kosong Terisi, Pendaftaran Offline SD Negeri Di Malang Diminati
Ratusan Kursi Kosong Terisi, Pendaftaran Offline SD Negeri di Malang Diminati

Ratusan Kursi Kosong Terisi, Pendaftaran Offline SD Negeri di Malang Diminati

MALANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang sebut sekolah dasar (SD) yang kekurangan siswa sudah mulai banyak terisi.

Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana mengatakan memang ada sejumlah SD Negeri yang kekurangan siswa. Namun saat ini sudah mulai ada pendaftaran.

“Sudah banyak terisi (SD Negeri yang kekurangan siswa). Tapi kurang berapa belum tau (karena belum dilakukan pembaruan data),” ujar Suwarjana.

Berdasarkan data Disdikbud Kota Malang per 8 Juli 2024, dari total 195 SD Negeri di Kota Malang ada sebanyak 110 SD Negeri yang masih memiliki pagu kosong meski PPDB online telah ditutup.

Jumlah sisa pagu di masing-masing sekolah juga beragam. Mulai dari hanya menyisakan 1 pagu sampai tertinggi ada 40 kursi belum terisi di salah satu sekolah.

Menurut Suwarjana, PPDB offline ini akan banyak pendaftar dari luar daerah yang memilih SD Negeri di Kota Malang. Sebab, para pendaftar dari luar daerah tidak bisa masuk ke SD Negeri di Kota Malang melalui sistem online.

“Saya yakin nanti ada masyarakat yang belum mendapat sekolah akan masuk kesitu. Apalagi yang dari luar kota yang mau ikut online tapi gak bisa. Itu mereka menunggu momen ini (PPDB offline),” terang Suwarjana.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Dodik Teguh Pribadi, bahwa pagu yang tersisa di SD Negeri selama PPDB berlangsung itu karena beberapa hal. Seperti, jumlah kelahiran rendah di wilayah tersebut serta letak sekolah terlalu dekat dengan SD Negeri lain.

“Itu karena KB (Keluarga Berencana) berhasil sehingga orang tidak punya anak banyak. Kemudian ada banyak sekolah yang berdekatan. Sehingga orang tua mencari sekolah yang menurut mereka baik,” ujar Dodik.

Dodik mencontohkan, salah satu sekolah yang hanya diisi sedikit siswa adalah SD Negeri Jatimulyo 4. Diketahui sampai saat ini hanya ada satu pendaftar di tahun ajaran 2024/2025. Sedangkan pagu yang disediakan sebanyak 28.

Dikatakan Dodik, salah satu kemungkinan yang membuat sekolah tersebut hanya memiliki sedikit siswa karena ada sekolah lain yang jaraknya cukup berdekatan dalam satu wilayah. Sekolah yang berdekatan dengan SD Negeri Jatimulyo 4 adalah SD Negeri Jatimulyo 1 dan 5.

Back To Top