skip to Main Content

6,1 Magnitudo, Gempa di Pacitan Mengguncang hingga Malang! Apa yang Terjadi?

gempa magnitudo di pacitan mengguncang jawa timur hingga malang apa yang terjadi
gempa magnitudo di pacitan mengguncang jawa timur hingga malang apa yang terjadi

Gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis (8/6/2023) dini hari. Gempa ini tidak hanya dirasakan di Pacitan, tetapi juga hingga daerah Solo, Malang, Semarang, dan sekitarnya. Berdasarkan laporan BMKG, gempa tersebut terjadi di Barat Daya Pacitan dengan kedalaman 10 km di bawah permukaan laut.

Gempa di Pacitan dengan Magnitudo 6,0 – BMKG Mengeluarkan Peringatan

Gempa yang terjadi pada pukul 00.04 WIB ini membuat BMKG mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. Meskipun demikian, gempa ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami. BMKG melaporkan dua laporan mengenai gempa tersebut di akun Twitter resminya. Awalnya, laporan menyebutkan bahwa gempa memiliki magnitudo 6,0, namun kemudian diperbarui menjadi magnitudo 6,1.

Netizen Merasakan Getaran Gempa di Beberapa Daerah

Netizen melaporkan bahwa mereka merasakan getaran gempa di beberapa daerah. Banyak warganet yang menggunakan media sosial, seperti Twitter, untuk berbagi pengalaman mereka. Mereka mengungkapkan bahwa getaran gempa terasa cukup kencang dan bahkan ada yang merasakan getaran dalam waktu yang cukup lama. Beberapa daerah yang dirasakan getaran gempa antara lain Solo, Kudus, Jogja, Semarang, Malang, dan bahkan hingga Wonogiri.

Gempa dengan magnitudo 6,1 di Pacitan telah mengguncang Jawa Timur dan dirasakan hingga daerah Solo, Malang, Semarang, dan sekitarnya. Meskipun gempa ini tidak berpotensi tsunami, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap gempa susulan. Netizen melaporkan bahwa mereka merasakan getaran gempa yang kencang dan bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kejadian ini menjadi peringatan bagi kita semua untuk selalu waspada terhadap gempa bumi dan mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan oleh otoritas terkait.

Back To Top