skip to Main Content

Taman Nasional Bromo Kembali Terbakar: Api Berkobar Lagi di Dusun Kandang Sari

Kebakaran Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dusun Kandang Sari Desa Mororejo Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur
Kebakaran Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dusun Kandang Sari Desa Mororejo Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

Malang, 20 Juni 2024 – Api kembali berkobar di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kebakaran kali ini terjadi di wilayah Dusun Kandang Sari, Desa Mororejo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Menurut informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut telah berlangsung sejak Rabu (19/6/2024) dan hingga Kamis (20/6/2024) siang, asap tebal masih terlihat membumbung tinggi di lokasi kejadian.

Camat Tosari, Hendi Candra Wijaya, membenarkan peristiwa kebakaran ini. Ia menjelaskan bahwa api sempat padam pada Kamis dini hari, namun kembali berkobar beberapa jam kemudian.

“Kebakaran mulai kemarin, dan semalam sempat padam tapi sekarang terbakar lagi,” ujar Hendi.

Hingga saat ini, pihak Kecamatan Tosari masih berkoordinasi dengan TNBTS untuk mengetahui penyebab dan luas area yang terbakar.

Reaksi Netizen Terhadap Kebakaran Kembali di Taman Nasional Bromo

Kebakaran di Taman Nasional Bromo kembali memicu keprihatinan dan kemarahan netizen. Di kolom komentar @MALANGRAYA_INFO, beberapa netizen mengungkapkan rasa sedih dan kecewa mereka atas kejadian ini.

Salah satu netizen, @aceell._, menuliskan “lekas membaik bromokuu” untuk menunjukkan simpatinya terhadap Bromo yang kembali dilanda si jago merah. Netizen lain, @pimen_id, mempertanyakan apakah kebakaran ini terjadi di lokasi yang sama dengan kebakaran sebelumnya, “di bong maneh kah??”.

Komentar-komentar ini menunjukkan rasa frustrasi netizen terhadap peristiwa kebakaran yang berulang di Bromo.

Di sisi lain, beberapa netizen juga mempertanyakan penyebab kebakaran ini. @fahmijagoanneon bertanya “global warming kah?”, sementara @aryzblegg dengan nada marah berkomentar “Maneh??? Sopo prewedd nggae flare maneh?? “. Spekulasi ini menunjukkan kekhawatiran netizen terhadap faktor-faktor yang dapat memicu kebakaran, seperti pemanasan global atau aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab.

Kebakaran Taman Nasional Bromo kembali menjadi pengingat bagi semua pihak untuk menjaga kelestarian alam dan mencegah terjadinya kebakaran di masa depan.

Back To Top