skip to Main Content

Pasca Kebakaran Hebat di Depan MCC Malang, Begini Kondisi Terkini

Bangunan Ruko Di Depan Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Jawa Timur Hangus Terbakar Pada Rabu Pagi (19/6/2024).
Bangunan ruko di depan Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Jawa Timur hangus terbakar pada Rabu pagi (19/6/2024).

Malang Raya Media – Kebakaran hebat melanda sebuah ruko di Jalan Ahmad Yani, Blimbing, Kota Malang pada Rabu pagi (19/06/24), mengakibatkan kerusakan parah dan kemacetan lalu lintas. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 08.54 WIB dan menarik perhatian warga sekitar serta pengguna jalan.

Menurut saksi mata, Nanik, salah satu dari tiga penghuni ruko sering membakar sampah kertas di dalam ruko. “Seringkali kalau malam itu dia bakar-bakar kertas. Yang bakar biasanya yang laki-laki, tapi saya nggak kenal. Cuma kalau malam sering lihat asap hitam dari dalam itu,” ujar Nanik. Ia juga mengungkapkan pernah dipukul oleh pria tersebut ketika menegurnya.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Agoes Soebekti, menjelaskan bahwa kebakaran berasal dari ruang tengah ruko. “Penyebab kebakaran dari sampah dibakar. Indikasi dugaan awal memang seperti itu. Masih penyelidikan, tadi kami datang api sudah membesar,” ungkap Agoes.

Proses Pemadaman dan Dampak Lalu Lintas

Sebanyak enam unit mobil Damkar Kota Malang dan 30 personel dikerahkan untuk memadamkan api. Akibat kebakaran ini, arus lalu lintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan panjang. Laporan dari pihak Damkar menyebutkan kerugian material akibat kebakaran ini mencapai 150 juta rupiah.

Bangunan dua lantai yang digunakan sebagai ruko bunga hangus terbakar sekitar pukul 10.00 WIB. Banyaknya bahan mudah terbakar di dalam ruko membuat kobaran api semakin besar. Petugas Damkar masih berupaya menjinakkan api hingga pukul 10.10 WIB.

Kesaksian dan Respons Warga

Nanik, yang juga merupakan saksi mata, menyatakan bahwa api pertama kali terlihat sekitar pukul 09.00 WIB. “Saat itu api langsung keluar membesar dari dalam rumah disertai asap hitam tinggi. Saya langsung ngambil air nyirami apinya, dibantu warga-warga ini, tapi api terus membesar, susah dikendalikan,” kata Nanik.

Ketika api semakin membesar, tiga penghuni ruko, yang terdiri dari seorang laki-laki, perempuan, dan anak, berhasil keluar dan menyelamatkan diri. “Kami semuanya panik, saat itu Damkar belum datang juga. Pemilik ruko itu lari keluar menyelamatkan diri,” tambahnya.

Penutupan Jalan dan Kemacetan Parah

Proses pendinginan dan pemadaman api menyebabkan penutupan dua jalur jalan di depan Malang Creative Center (MCC), yang menghubungkan Kota Malang ke luar, sehingga menyebabkan kemacetan parah di kawasan Jalan Ahmad Yani dan beberapa daerah di Blimbing. Hingga pukul 10.20 WIB, petugas Damkar masih berjibaku menjinakkan api.

Peristiwa ini menjadi pengingat akan pentingnya kehati-hatian dalam menangani bahan yang mudah terbakar, serta pentingnya respons cepat dari pihak berwenang dalam situasi darurat seperti ini.

Back To Top