Skip to content

Seru! Pesan Kopi Pakai Bahasa Isyarat di Kota Malang

Pengunjung Memesan Kopi Menggunakan Bahasa Isyarat Di Gerai Kopi Cinta, Malang
Pengunjung memesan kopi menggunakan bahasa isyarat di Gerai Kopi Cinta, Malang

Malang – Kafe dan warung kopi dengan berbagai konsep dan daya tarik menarik terus bermunculan di Kota Malang. Salah satunya gerai kopi cinta yang mempekerjakan rekan-rekan tuli sebagai karyawan.

Gerai Kopi Cinta ini berlokasi di kafe dan restoran Harmoni di Jalan Bromo Nomor 44, Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Di gerai Kopi Cinta itu, sudah ada rekan tuli yang siap untuk melayani customer.

Tentu untuk memesan kopi, customer diharuskan menggunakan bahasa isyarat. Bagi yang tidak bisa berbahasa isyarat, tidak perlu khawatir. Sebab, pihak pengelolah menyediakan papan panduan untuk menggunakan bahasa isyarat.

CMO kafe dan restoran Harmoni Faris mengatakan, munculnya ide kopi cinta bermula dari ketertarikan karyawan tuli di Harmoni terhadap kopi. Hal tersebut, diterima dan diwadahi oleh pemilik kafe dan restoran Harmoni.

“Jadi temen-temen tuli yang sudah ada di Harmoni ini kita wadahi dan kita ajari kopi lebih dalam, kita belikan alat yang memadai, kita ajari mereka berjualan dan menghandel bisnis kopi cinta ini,” kata Faris, Senin (21/10/2024).

Soal penggunaan bahas isyarat saat melakukan pemesanan kopi cinta itu diterapkan untuk menyesuaikan dengan Barista dari rekan-rekan tuli. Sehingga untuk pemesanan diharuskan menggunakan bahasa isyarat.

“Latar belakang menggunakan bahasa isyarat karena yang menjaga adalah teman tuli. Dan dalam penjualan tidak ada yang membantu, salah satunya cara dengan menggunakan bahasa isyarat,” ungkap Faris.

Sementara itu, salah satu customer Falisa mengaku senang bisa memesan kopi menggunakan bahasa isyarat. Menurut Falisia, ini adalah hal baru dan menarik untuk dicoba.

“Saya tau kopi cinta ini dari teman-teman dan media sosial. Seneng sih, jadi bisa belajar bahasa baru dan nyoba minumannya,” ungkap Falisa.

Ia menilai bahwa pemesanan kopi menggunakan bahasa isyarat ini tidak sesulit apa yang dibayangkan pada awalnya. Sebab, sudah disediakan panduan memesan menggunakan bahasa isyarat.

“Sebelumnya saya sudah pernah belajar, karena pernah nonton drakor yang mengambil tema menggunakan bahasa isyarat. Tapi ketika nyoba pesan juga gampang, karena ada panduannya,” tandasnya.

Back To Top