skip to Main Content

Halte Tendean Kebakaran, Ini Penyebab dan Dampaknya

Halte Tendean Kebakaran Transjakarta Jakarta
halte tendean kebakaran transjakarta jakarta

Halte Transjakarta Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, terbakar hebat pada Senin sore, 14 Agustus 2023. Kebakaran ini menimbulkan kerugian materiil yang cukup besar dan mengganggu layanan transportasi publik di kawasan tersebut. Berikut ini kami rangkum penyebab dan dampak dari kebakaran halte Tendean.

Apa penyebab kebakaran tersebut?

Berdasarkan informasi dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, kebakaran diduga berasal dari panel listrik yang berada di dalam halte. Api kemudian menjalar ke seluruh bagian halte yang terbuat dari bahan mudah terbakar seperti kayu dan plastik.

“Kami menerima laporan kebakaran pukul 17.30 WIB. Saat kami tiba, sudah tidak ada penumpang di dalam halte. Semua sudah terevakuasi,” kata Maryono, petugas Gulkarmat Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Kompas.com.

 

Bagaimana kondisi halte Tendean saat ini?

Kondisi halte Tendean saat ini sangat mengenaskan. Seluruh bangunan halte hangus terbakar dan hanya menyisakan rangka besi yang bengkok. Petugas damkar masih melakukan pendinginan untuk memastikan bara api sudah padam sepenuhnya.

“Proses pemadaman, sudah dapat dilokalisasi (kuning),” tulis keterangan Command Center Damkar, seperti dikutip dari Medcom.id.

Apakah ada korban jiwa dalam kejadian tersebut?

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Semua penumpang dan petugas halte berhasil menyelamatkan diri sebelum api membesar. Namun, beberapa orang mengalami luka ringan akibat terkena percikan api atau asap.

“Kami belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa. Hanya ada beberapa orang yang mengalami luka ringan dan langsung ditangani oleh tim medis,” kata Maryono.

Berapa perkiraan kerugian yang dialami?

Perkiraan kerugian yang dialami akibat kebakaran halte Tendean belum dapat ditaksir secara pasti. Namun, menurut Maryono, kerugian bisa mencapai ratusan juta rupiah mengingat bangunan halte cukup besar dan memiliki fasilitas lengkap.

“Kerugian materiil masih dalam proses perhitungan. Tapi bisa dibilang cukup besar karena halte ini termasuk halte besar yang memiliki fasilitas seperti toilet, ruang tunggu, dan kios,” kata Maryono.

Apakah ada halte Transjakarta lain yang terkena dampak dari kebakaran?

Akibat kebakaran halte Tendean, layanan Transjakarta di kawasan tersebut mengalami gangguan. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian rute untuk beberapa koridor bus yang melewati halte Tendean.

“Untuk sementara halte ini tidak bisa dioperasikan melayani pelanggan. Kami melakukan penyesuaian rute untuk koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas), koridor 6A (Ragunan-Monas), koridor 6B (Ragunan-Harmoni), koridor 6C (Ragunan-Ancol), dan koridor 13 (Ciledug-Tendean),” kata Corporate Communication Manager Transjakarta Nadia Diposanjoyo, seperti dikutip dari Suara.com.

Bagaimana cara mengetahui rute bus Transjakarta yang terkena dampak dari kebakaran?

Untuk mengetahui rute bus Transjakarta yang terkena dampak dari kebakaran, pelanggan dapat mengakses informasi melalui aplikasi Transjakarta Mobile atau media sosial resmi Transjakarta. Pelanggan juga dapat menghubungi call center Transjakarta di nomor 1500-285.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami berharap halte Tendean segera dapat beroperasi kembali. Kami mengimbau pelanggan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat menggunakan layanan Transjakarta,” kata Nadia.

Kesimpulan

Halte Transjakarta Tendean terbakar hebat pada Senin sore, 14 Agustus 2023. Kebakaran diduga berasal dari panel listrik yang berada di dalam halte. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian materiil diperkirakan cukup besar. Layanan Transjakarta di kawasan tersebut mengalami gangguan dan penyesuaian rute. Pelanggan dapat mengakses informasi rute melalui aplikasi atau media sosial Transjakarta.

Back To Top