Skip to content

Polisi Gerak Cepat Amankan TKP Truk Terguling di Lawang

IMG
IMG

MALANG – Polres Malang bergerak cepat mengamankan tempat kejadian perkara (TKP) truk terguling di Jalan Raya Dr. Cipto, Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Rabu (5/6/2024). Kecelakaan tersebut sempat menghambat jalur Surabaya-Malang karena truk yang terguling menghalangi ruas jalan.

Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang segera menerapkan sistem contra flow untuk mengurai kemacetan di sisi barat jalan. Berkat upaya cepat dan sigap dari petugas, proses evakuasi berlangsung dengan efisien, sehingga arus lalu lintas kembali normal dalam waktu singkat.

Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, menjelaskan bahwa kecelakaan bermula dari truk kontainer Hyno dengan nomor polisi K-8526-UD yang dikemudikan oleh Anwar (25), warga Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Truk yang membawa muatan tepung tapioka seberat 27 ton tersebut melaju dari arah utara ke selatan di Jalan Raya Singosari pada Rabu (5/6) sekitar pukul 03.00 WIB.

“Saat tiba di lokasi kejadian, tiba-tiba truk oleng ke kanan sehingga menabrak median pembatas jalan. Selanjutnya, truk tersebut kehilangan kendali dan terguling ke sisi kiri, menghalangi hampir separuh badan jalan,” ujar Ipda Dicka saat dikonfirmasi di Polres Malang, Rabu (5/6).

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Kerugian materiil berupa kerusakan pada kendaraan yang terlibat kecelakaan, sementara pengemudi truk hanya mengalami luka ringan.

Ipda Dicka menduga kecelakaan terjadi karena pengemudi truk tidak bisa mengendalikan kemudi kendaraan, yang kemungkinan besar disebabkan oleh rasa kantuk.

“Dugaan sementara sopir truk mengantuk sehingga tidak mampu mengendalikan kemudi, namun kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut” tambahnya.

Setelah truk yang terguling berhasil dievakuasi dengan bantuan crane, arus lalu lintas di lokasi kejadian berangsur normal.

Ipda Dicka juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan, terutama pengemudi kendaraan bermuatan besar, untuk selalu melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum berangkat.

“Pastikan kondisi kendaraan dalam performa terbaik ketika melaju di jalan raya. Selalu pastikan kondisi badan fit sebelum mengemudi. Jika mengantuk, hendaknya beristirahat dan jangan memaksakan diri. Pemeriksaan kendaraan secara berkala juga sangat penting untuk menghindari kecelakaan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” pungkasnya.

Back To Top