skip to Main Content

6 Monumen Bersejarah di Malang Paling Ikonik

Monumen Bersejarah di Malang – Sebagai salah satu kota penting yang pernah diajajah oleh Belanda, Malang memiliki banyak monumen bersejarah yang bisa kalian temukan. Beberapa monumen ini dibangun untuk mengenang serta mengingat kegigihan para pejuang dalam memukul mundur tentara penjajah yang pernah ada di Malang.

Mungkin kalian secara tidak sadar pernah melewati beberapa monument ini ketika berkunjung ke Malang. Jadi, monumen bersejarah di Malang mana saja yang wajib dikunjungi? Yuk, langsung saja disimak ulasannya.

1. Monumen Pesawat MIG-17

Monumen Pesawat MIG-17 atau yang lebih dikenal dengan patung pesawat suhat ini merupakan monumen bersejarah yang menjadi simbol kekuatan AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) di Malang. Monumen ini sempat menjadi polemik karena dulu pernah ada salah satu brand rokok yang memasang slogan mereka di monument tersebut pada tahun 2021, namun sudah direnovasi kembali.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Indah, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Diresmikan pada: 20 Agustus 1999

 

2. Monumen Juang 45

Pada monument yang megah ini, para pahlawan berhasil menumbangkan makhluk raksasa atau buto ijo. Ini merupakan simbol dimana masyarakat, yang kebanyakan para petani berhasil menumbangkan para penjajah yang pernah menduduki Malang Raya. Selain itu, pada bagian bawah bangunan, terdapat relief yang menceritakan bagaimana gigihnya masyarakat Malang dalam melawan para penjajah tersebut.

Lokasi: Jl. Kertanegara, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang

Diresmikan pada: 20 Mei 1975

 

3. Monumen Melati

Monumen bersejarah di Malang dengan bunga yang terbuat dari bahan perunggu ini bisa kalian temukan ketika berada di kawasan Jalan Ijen. Monumen ini dibangun untuk menghormati dan mengenang Sekolah Darurat Keamanan Rakyat di Malang. Kemegahan dan keindahan monument ini selalu menjadi daya Tarik, tak heran jika banyak orang selalu berfoto di depan Monumen Melati.

Lokasi: Jl. Ijen No.18, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang

Diresmikan pada: 17 Desember 1982

 

4. Monumen T.G.P.

Monumen T.G.P. atau Tentara Genie Pelajar ini terletak di depan pintu ekonomi sebelah timur Stadion Gajayana. Sesuai dengan namanya, monumen ini didirikan untuk mengenang dan menghormati perjuangan para tentara pelajar yang untuk memukul mundur tentara Belanda di Malang. Terdapat pula pelakat batu nisan yang menunjukkan nama para pahlawan pelajar yang gugur di medan perang.

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu No.7, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang

Diresmikan pada: 7 Juli 1989

 

5. Monumen Pahlawan Trip

Monumen ini terletak di jalan Pahlawan Trip dan menjadi kuburan masal dari 35 jasad pejuang yang bertempur di Jalan Salak, kota Malang. Selain itu, terdapat pula 2 patung pahlawan yang selalu menyambut kalian ketika berada di Jalan Ijen. Adanya patung dua pemuda berpakaian militer ini merupakan penanda Monumen Pahlawan TRIP yang berada di belakangnya.

Lokasi: Jl. Pahlawan Trip, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang

Diresmikam pada: Tahun 1959

Photo by: IG @ralim_22

6. Monumen Tugu Kota Malang

Monumen yang berada tepat di depan gedung balaikota ini bisa dibilang sebagai ikon nya kota Malang. Dikelilingi taman dan air mancur yang indah, monument ini selalu dikunjungi banyak orang, apalagi pada akhir pekan. Monumen ini sendiri dibangun untuk mengenang dan mengingat perjuangan bangsa serta kemerdekaan Republik Indonesia. Kalau ke Malang, nggak lengkap rasanya jika kalian tidak mengunjungi monument yang satu ini.

Lokasi: Jl. Tugu, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang

Diresmikan pada: 17 Agustus 1953

Back To Top