6 Rekomendasi Wisata Candi di Malang Raya Paling Instagramable

Candi di Malang – Sebagai sebuah kota pariwisata, Malang dikenal memiliki banyak tempat seru yang wajib banget buat kalian kunjungi. Mau wisata bertema modern? Ada. Ingin mengajak pasangan berwisata alam? Bisa banget.

Selain itu, Malang juga terkenal akan wisata candi yang bersejarah. Terdapat banyak candi yang cocok dikunjungi, baik untuk wisata edukasi, atau bahkan bagi kalian yang sedang mencari spot fotografi.

1. Candi Jago

Candi di Malang yang dbangun pada abad ke 13 ini terletak di belakang pasar Tumpang dan sering dijadikan spot foto oleh banyak pengunjung. nama Candi Jago sebenarnya berasal dari kata “Jajaghu”, yang berarti ‘keagungan’, dan merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut tempat suci. Secara sekilas, bagunan bagian atas candi ini terlihat tidak utuh, konon katanya, ini dikarenakan oleh sambaran petir.

Lokasi: Jl. Wisnuwardhana, Ronggowuni, Tumpang, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang

Dibangun pada: abad ke 13

 

2. Candi Jawar

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Semeru membuat candi ini tak hanya menjadi sebuah tempat wisata sejarah, namun juga cocok untuk hunting foto. Ketika memasuki kawasan candi ini, kalian akan disambut dengan arca Dwarapala yang merupakan arca penjaga gerbang atau pintu dalam ajaran Syiwa dan Budha. Meskipun lokasinya sedikit agak jauh dari pusat kota, namuan kalian tidak akan menyesal ketika melihat keindahannya.

Lokasi: Dusun Sukorejo, Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang

Dibangun pada: tidak diketahui

 

3. Candi Singosari

Candi ini bisa dibilang unik karena dibangun dengan perbaduan Hindu-Budha, yang merupakan 2 agama terbesar pada masa kerajaan Singosari. Selain itu, candi ini ternyata masih belum selesai dibangun. Ketika mengunjungi candi ini, kalian bisa melihat arca-arca kecil yang tampak belum selesai dibuat, mulai dari arca yang menyerupai bentuk Durga, Lembu Nandini, dan lain sebagainya. Ini karena, pada masa pemerintahan Raja Kertanegara berhenti secara tiba-tiba dikarenakan adanya pemberontakan.

Lokasi: Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang

Dibangun pada: abad ke 12

 

4. Candi Badut

Candi ini merupakan candi tertua yang ada di Malang dan dibangun pada 760 Masehi. Candi Badut pertama kali ditemukan oleh Maureen Brecher pada tahun 1921 dan mulai dilakukan pemugaran pada 1925 – 1927. Hingga saat ini, Candi Badut selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik itu untuk wisata edukasi atau sekedar mencari spot foto yang instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Candi V No.5D, Doro, Karangwidoro, Kec. Dau, Kota Malang

Dibangun pada: 760 Masehi

 

5. Candi Kidal

Selain Candi Singosari, Candi yang dibangun pada abad ke 12 ini juga memiliki corak Hindu-Budha. Candi Badut dibangun untuk menghormati sosok Anusapati, raja kedua Kerajaan Singosari yang tewas ditangan Panji Tohjaya. Biasanya, banyak orang mengunjungi candi ini setelah meraka selesai berwisata ke Gunung Bromo. Dengan pemandangan sekitar yang dipenuhi banyak pepohonan, Candi Kidal juga merupakan salah satu spot foto yang tidak boleh kalian lewatkan.

Lokasi: Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

Dibangun pada: abad ke 12

 

6. Candi Sumberawan

Candi yang dibangun pada 1359 Masehi ini merupakan peninggalan kerajaan Singosari dan hanya berbentuk stupa. Di sekitar Candi Sumberawan, terdapat banyak pohon pinus dan sumber air, serta suhu udara yang sejuk semakin menambah asri, yang membuatnya cocok dikunjungi untuk berwisata pada akhir pekan.

Lokasi: Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kab Malang

Dibangun pada: 1359 Masehi