skip to Main Content

6 Masjid di Malang Raya dengan Arsitektur Paling Megah

Masjid di Malang
Masjid di Malang

Masjid di Malang РMalang tak hanya dikenal dengan tempat wisata modernnya saja, namun salah satu kota terbesar di Jawa Timur ini juga memiliki banyak spot wisata religi dalam bentuk masjid yang megah. Arsitektur yang menawan dengan ornamen ornamen indah yang memanjakan mata membuat beberapa masjid ini wajib buat kalian kunjungi ketika berlibur di Malang.  Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 6 masjid di Malang dengan arsitektur paling megah.

1. Masjid Salman Al Farisi

Masjid dengan arsitektur mirip Taj Mahal ini dibangun pada tahun 2012 oleh Yayasan Assunah Husnul Khotimah. Dari kejauhan, kalian bisa langsung meyaksikan kemegahan masjid yang satu ini, dengan 7 menara serta 5 kubah yang terlihat indah. Selain itu, bagian interior masjid ini juga tak kalah indahnya, dengan kombinasi unsur tradisional dan modern, pastinya bikin semakin betah untuk beribadah di masjid ini.

Lokasi: Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

Dibangun pada: Tahun 2012

 

2. Masjid Agung Al Hidayah

Selain mirip Taj Mahal, di Malang juga ada masjid dengan arsitektur yang sekilias terlihat seperti Hagia Sophia di Istanbul, yaitu Masjid Agung Al Hidayah. Dengan keunikannya tersebut, tak heran masjid ini selalu ramai oleh orang yang ingin beribadah atau sekedar penasaran dengan keindahan arsitekturnya. Selain itu, karena kemegahannya tersebut, masjid Agung Al Hidayah juga sering digunakan sebagai spot foto prewedding.

Lokasi: Jl. Raya Karangan, Jakaan, Bonowarih, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang

Dibangun pada: Tahun 2009

 

3. Masjid Cahyaningati

Dengan gaya arsitektur yang modern, tak heran jika masjid yang berada di kawasan perumahan Permata Jingga ini selalu menarik perhatian banyak orang. Meski tidak terlalu luas, namuan masjid ini sangat nyaman untuk beribadah. Selain untuk sholat, masjid ini juga sering diadakan pengajian rutin yang bisa dihadiri masyarakat umum.

Lokasi: Jl. Puncak Borobudur, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Dibangun pada: 14 Agustus 2014

 

4. Masjid Tiban

Meski banyak yang percaya jika masjid ini dibangun oleh Jin dalam semalam, namun kenyataannya, masjid yang terletak di Turen ini sudah dikembangkan oleh para santri sejak tahun 1978. Terlepas dari hal tersebut, masjid Tiban memiliki arsitekur megah yang terlihat seperti kombinasi gaya masjid di Turki, India, Russia hingga Mesir. Jika kalian sedang berada di Turen, masjid yang satu ini tidak boleh kalian lewatkan.

Lokasi: Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Kabupaten Malang

Dibangun pada: Dikembangkan sejak 1978

 

5. Masjid A.R. Fachruddin

Bagi mahasiwa Universitas Muhammadiyah Malang, masjid yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Masjid yang diresmikan oleh Alm. Presiden BJ. Habibie ini memiliki 5 lantai dengan arsitektur yang megah. Berada di dekat perbatasan kota Batu dan Malang, masjid yang satu ini sering dikunjungi banyak orang untuk beribadah atau sekedar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Lokasi: Jl. Raya Tlogomas No.246, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Dibangun pada: Tahun 1995

 

6. Masjid Agung Jami

Tak lengkap rasanya jika membahas masjid dengan arsitektur megah di Malang tanpa menyebut Masjid Agung Jami. Masjid yang juga merupakan landmark kota Malang ini berada persis di depan Alun Alun dan sering dijadikan spot fotografi yang indah. Selain itu, masjid ini juga berada dekat dengan GPIB Immanuel semakin memperkuat citra toleransi antar umat beragama di Malang Raya.

Lokasi: Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang

Dibangun pada: Tahun 189

Back To Top